Lexus Astra dan LindungiHutan Berkolaborasi dalam Penanaman Mangrove di Cirebon

Lexus Astra menggandeng LindungiHutan dalam kegiatan CSR tanam 500 bibit mangrove di kawasan Hutan Mangrove Ambulu, Kabupaten Cirebon.

PT. Astra International Tbk – Lexus Sales Operation atau biasa dikenal dengan nama Lexus Astra telah melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menanam 500 bibit mangrove di kawasan Hutan Mangrove Ambulu, Kabupaten Cirebon. 

Program ini merupakan salah satu bagian dari dukungan untuk komitmen PT Astra International Tbk melalui Astra 2030 Sustainability Aspirations yang menargetkan penanaman 3 juta pohon pada 2030 dalam rangka mendukung keberlanjutan lingkungan hidup. Dalam upaya mewujudkan komitmen ini, Lexus Astra bekerjasama dengan LindungiHutan, sebuah organisasi peduli lingkungan yang memfasilitasi program ini. 

Mendukung Net Zero Emission dan Keberlanjutan

Penyerahan secara simbolis bibit mangrove dari Astra Lexus kepada LindungiHutan.

Sejalan dengan komitmen keberlanjutan PT Astra International Tbk, untuk berperan aktif dalam mendukung Net Zero Emission pada tahun 2060, Lexus Astra terus berupaya terlibat dalam penurunan emisi gas rumah kaca dalam kegiatan operasional mereka.

Secara keseluruhan, Lexus Astra berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca scope 1 dan 2 tahun pada periode 2019-2023 melalui efisiensi bahan bakar dan energi, meningkatkan kapasitas penggunaan energi terbarukan, hingga nature based solution melalui aksi penanaman pohon. Mereka menyadari bahwa pohon memiliki peran penting dalam keberlanjutan terutama mitigasi perubahan iklim dan penyerap emisi karbon di Indonesia.  

Penanaman mangrove ini menjadi salah satu bagian dari strategi lingkungan perusahaan untuk mengurangi jejak karbon dan menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Chief Executive PT Astra International Tbk – Lexus Sales Operation, Erwin Himawan mengatakan, “Sesuai dengan Catur Dharma Astra, Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara, Lexus Astra berkomitmen untuk melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan empat pilar: Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan. Harapannya, kegiatan ini dapat berkontribusi pada aspek Lingkungan dan Kewirausahaan masyarakat sekitar area Hutan Mangrove Ambulu, Cirebon.”

Kolaborasi dengan Kelompok Masyarakat

Kegiatan penanaman mangrove ini melibatkan partisipasi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat di kawasan Hutan Mangrove Ambulu. Mereka bertindak sebagai penyedia bibit yang akan ditanam dan bertugas memantau hasil penanaman selama beberapa bulan ke depan. 

Selain itu, masyarakat juga diajak untuk peduli dengan lingkungan sehingga ekosistem mangrove dapat dimanfaatkan sebagai sumber pencaharian baru seperti budidaya ikan dan kepiting.

Penanaman ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang, seperti meningkatkan biodiversitas flora dan fauna, menyediakan habitat bagi keanekaragaman hayati, serta berperan sebagai penyerap emisi karbon. Dengan keterlibatan aktif masyarakat dalam pemeliharaan dan pengelolaan mangrove, program ini diharapkan dapat berkelanjutan sehingga mendukung keseimbangan ekosistem pesisir Cirebon.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES