Mahasiswa Information Systems BINUS UNIVERSITY Raih Juara di ISFEST UMN 2024 Kategori UI/UX Competition!

23 September 2024 – Selamat kepada mahasiswa School of Information Systems Program BINUS University, Lie Hanny, Jocelyne Lycia dan Keisha Anya Dewiyanti (Tim Matchaci) sebagai juara kedua dalam lomba ISFEST UMN kategori UI/UX Competition tahun ini.    

ISFEST UMN 2024 merupakan kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara. Pada tahun ini ISFEST 2024 menyelenggarakan salah satu track yaitu UI/UX Competition dengan mengangkat tema “Akulturasi Digital: Menciptakan Inovasi Adaptif dalam Realisasi Keberlanjutan UMKM”.

Adapun fokus dari lomba ini adalah peserta dapat menuangkan kreativitas dan inovasi dalam bentuk desain aplikasi yang dapat menunjang kontinuitas UMKM serta memberikan pengalaman bagi peserta untuk terjun langsung memenuhi kebutuhan konsumen khususnya untuk UMKM di Indonesia. Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan akan tercipta desain aplikasi yang bermanfaat bagi khalayak umum dalam penggunaan aplikasi tersebut, sekaligus mudah dipahami oleh pengguna. 

Sebagai studi kasus, peserta diberikan kebebasan dalam memilih ide aplikasi yang mendukung keberlanjutan UMKM seperti aplikasi Ekosis yang fokus memfasilitasi pemasaran komoditas agribisnis dan Evermos memperluas jaringan penjualan produk UMKM melalui perantara kepada pihak reseller dan dropshipper dan sebagainya sebagai referensi. Peserta diharapkan dapat menonjolkan kreativitas dan inovasi dari masing-masing tim. Selain itu, para peserta lomba juga dituntut agar dapat merancang antarmuka (UI) pengguna yang baik sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang memiliki kualitas UX yang bermanfaat dan efektif. 

Lomba ISFEST UMN 2024 berlangsung dari tanggal 08 Juli 2024 hingga 23 September 2024, dimulai dengan tahapan penyisihan dimana peserta diminta untuk membuat mockup aplikasi smartphone dan makalah. Pada tanggal 09 – 13 September 2024, peserta yang lolos dari tahap penyisihan harus mengerjakan PPT yang nantinya akan dipresentasikan pada Babak Final ditanggal 14 September 2024. Presentasi final dilakukan secara online, di mana peserta akan mengikuti sesi presentasi melalui Zoom. Kemudian, pada tanggal 23 September 2024 diadakan awarding night dimana akan diumumkan pemenang dari setiap kategori lomba.  

Image

Tim Matchaci melakukan persiapan yang baik sebelum dilaksanakan sesi presentasi babak Final, seperti melakukan pengecekkan kembali pada slide presentasi, rutin dalam melatih untuk menyampaikan presentasi yang baik, hingga mempersiapkan beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh juri.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES